7 Manfaat Sereh Bagi Kesehatan, Tinggi Antioksidan!

Sobat MORITA, ternyata manfaat sereh bagi kesehatan itu banyak banget lho, salah satunya ternyata sereh itu tinggi antioksidan. Yuk intip 7 manfaatnya :

  1. Sumber Antioksidan

Antioksidan dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Antioksidan dalam serai adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

  1. Antimikroba

Air rebusan serai memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu sebagai sumber antimikroba. Air rebusan serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifat antimikroba.

  1. Anti Peradangan

Manfaat sereh bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mengatasi peradangan. Dua senyawa yang ada di dalam serai yaitu citral dan geranial merupakan senyawa yang dianggap bertanggung jawab atas manfaat anti-peradangan.

Senyawa-senyawa tersebut dikatakan dapat membantu menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu yang ada di dalam tubuh. Dengan sifat anti peradangan tersebut, serai dapat mencegah berbagai peradangan seperti flu, sakit tenggorokan, hingga masalah pencernaan akibat peradangan.

  1. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat sereh bagi kesehatan yang selanjutnya adalah sereh dikenal sebagai diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil. Buang air kecil yang lancar dapat membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium.

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Kandungan citral dalam serai memiliki manfaat sereh bagi kesehatan yang memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa garis sel kanker. beberapa komponen serai dapat membantu melawan sel kanker.

  1. Membuat Pencernaan Lebih Sehat

Manfaat sereh bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membuat pencernaan lebih sehat. Secangkir teh sereh adalah obat alternatif untuk mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat sereh bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Air rebusan sereh bisa digunakan sebagai minuman detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Sumber : https://www.merdeka.com/jatim/12-manfaat-sereh-bagi-kesehatan-tinggi-akan-antioksidan-kln.html

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *